Selasa, 25 Desember 2012


Masa Orientasi Siswa (MOS)

Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah kegiatan yang dilakukan sekolah sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Masa Orientasi Siswa (MOS) biasanya dilaksanakan selama 3 – 6 hari. Dalam pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) biasanya para siswa membawa peralatan atau perlengkapan yang harus dibawa pada saat dilaksanakannya Masa Orientasi Siswa (MOS) dan perintah dari instruktur. Ada beberapa macam perintah dari instruktur dan peralatan atau perlengkapan yang harus dibawa pada saaat pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS). Contohnya adalah memakai pita dirambut untuk wanita sedangkan pria harus berambut botak.

Disekolah saya Masa Orientasi Siswa (MOS) dilaksanakan selama 6 hari. Dalam pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) tersebut, saya diharuskan mematuhi perintah dari instruktur dan membawa peralatan atau perlengkapan pada saat pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS). Pada saat pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS)saya diharuskan berambut botak dengan ukuran 1 cm dan membawa peralatan atau perlengkapan yaitu membawa makanan dan minuman sesuai perintah instruktur, memakai topi yang terbuat dari kertas karton dengan bentuk kerucut, menggunakan tas dari bahan karung terigu, obat-obatan, dan lain-lain.

Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) dilaksanakan di kelas dan lapangan. Pelaksanaan di kelas biasanya melaksanakan perintah dari instruktur, games, dan lain-lain. Contohnya adalah setiap kelompok membuat yel-yel untuk menjadi yel-yel kelas untuk lomba yel-yel antar kelas. Sedangkan pelaksanaan di lapangan biasanya diisi oleh para narasumber untuk menyampaikan materi yang akan ia sampaikan kepada kami.

Di hari terakhir pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS), saya harus meminta tanda tangan para instruktur pada setiap kelas. Dalam meminta tanda tangan para instruktur memberikan tantangan untuk mendapatkan tanda tangan mereka. Misalnya menangkap semut yang ada dihadapan para instruktur, setelah itu ia akan memberikan tanda tangannya. Setelah melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS), saya memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) setiap hari. Dan ini merupakan pengalaman yang mungkin tidak terlupakan, karena disini saya tahu bahwa kebersamaan itu membuat semuanya menjadi lebih mudah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar